Spirit Bushido

Spirit Bushido
by

Saat ini saya bersama Istri @shireensungkar dan anak saya Adam berlibur di Jepang. Pemandangan di Jepang saya akui memang sangat bagus sekali, namun saya lebih tertarik dengan budaya Jepang. Melihat budaya masyarakat Jepang yang menjunjung tinggi kedisiplinan seperti ini, tak heran kalau Jepang bisa maju hingga seperti sekarang ini.

Budaya Jepang yang sudah mengakar kuat ke masyarakatnya ini ternyata tidak hanya dibangun dalam waktu singkat, melainkan perlu waktu ratusan tahun. Budaya Jepang saat ini terinspirasi dari semangat Bushido.

Bushido awalnya adalah sebuah prinsip dasar seorang Samurai ratusan tahun lalu. Bushi artinya tentara, sedangkan do artinya jalan atau cara. Bushido berarti cara militer, jalan militer atau ala militer.

Setelah restorasi Meiji, samurai sebagai kekuatan militer utama dihapus dalam sistem pemerintahan. Meski Samurai dihapus, semangat bushidonya tetap hidup sebagai prinsip yang tetap eksis hingga kini.

Semangat Bushido adalah semangat yang dimiliki Jepang dalam melakukan setiap pekerjaannya. Kedisiplinan yang tinggi sangat diutamakan untuk menciptakan etos kerja dalam manajemen perusahaan Jepang.

Makna yang lebih luas dari bushido ialah pengabdian dan setia dalam menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan tanah air sampai titik darah terakhir. Kalau dalam Islam, bisa dikatakan ini adalah semangat Jihad.

Kesamaan Bushido dan Jihad tak lain adalah kesungguhan. Kesungguhan untuk mengubah diri menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Di bisnis Malang Strudel yang saya jalankan bersama kawan-kawan saya di Malang, (atas ijin Allah) kesuksesan yang kami raih ternyata tak lepas dari semangat Bushido ala Jepang ini. Dengan keyakinan, kesungguhan dan disiplin tinggi, Alhamdulilah kini kami memiliki 5 outlet di Malang Raya yang semuanya ramai dikunjungi wisatawan yang datang ke Malang.

Alhamdulilah, Allah melancarkan segala urusan kami.

Salam dari Tokyo,
Teuku Wisnu

Share